Sabtu, 01 Desember 2012

Perusahaan E-Commerce. ALIBABA.COM


Di Era Globalisasi seperti sekarang ini, banyak orang menggunakan media E-commerce atau yang bisa dibilang Electronic Commerce sebagai media untuk berjualan dan mendapatkan uang dengan mudah dan cepat. Dan biasanya peluang peluang ini di manfaatkan oleh orang orang yang memiliki kemampuan berbisnis.


Seperti salah satunya Jack Ma, ya dia adalah pendiri alibaba.com yang merupakan portal e-commerce B2B dari cina yang terus berkembang. Konsep alibaba.com sebenarnya sederhana, Jack Ma memfokuskan bisnisnya untuk membantu kalangan UKM berjualan. Ia tak meniru perusahaan-perusahaan internet China lainnya yang mengopi konsepnya dari perusahaan-perusahaan internet sukses di AS dan Eropa. “Kami jalan sendiri dengan semangat mengemukakan kualitas,” ujarnya. Website-nya menawarkan produk-produk UKM yang berkualitas ke seluruh dunia. Dari sanalah bisnisnya berkembang pesat.

Namun perkembangan yang begitu pesat sempat juga hampir merontokkan usahanya. Pada tahun 2002 cashflow bisnisnya hanya cukup untuk operasional 18 bulan akibat terlalu menggebu berekspansi. Saat itu, Ma menyebutkan, ia memiliki terlalu banyak member Alibaba.com yang bergabung dengan fee gratis. Ia tak tahu bagaimana mencari uang dari internet. Dari situlah timbul ide untuk mempertemukan eksportir China agar bisa bertemu pembelinya dari AS dengan imbalan komisi. Sejak itulah bisnisnya berkembang pesat.

Saat Alibaba.com go public tahun 2007, perusahaan ini meraih dana 1,7 miliar dolar AS (sekitar Rp 15,3 triliun) dari pasar modal. Tahun 2009 lalu omsetnya mencapai 352 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,1 triliun setahun.

alibaba.com telah mendapatkan jutaan pembeli dan suppliers dari seluruh dunia yang melakukan bisnis online, dengan 3 marketplace. Diantaranya:  a global trade marketplace (alibaba.com) untuk importer dan exporter, a chinese marketplace (alibaba.com.cn) untuk perdagangan dalam negri di china. a japanese marketplace (alibaba.co.jp) yang menfasilitasi perdagangan ke dan dari jepang. Selain itu, alibaba group memiliki dan mengatur: yahoo.china.cn , taobao.com , alipay.com , alisoft.com .

Berikut adalah tampilan website alibaba yang ada di china, jepang, dan global trade marketplace (com)

alibaba.co.cn <Alibaba china>

alibaba.co.jp <Alibaba Jepang>

alibaba.com <Alibaba Global Trade Start>

Untuk Pembayarannya Alibaba biasanya menggunakan via bank dan bisa menggunakan ALIVPAY apa itu ALIPAY? ALIPAY adalah platform third party pembayaran online nomor satu di China dari Alibaba group yang mudah, aman dan cepat untuk jutaan individu dan bisnis untuk melakukan dan menerima pembayaran di Internet.

Alibaba pun juga menjalin kerjasama dengan LUDA | Trade dari brazil, CSBA dari Malasia, COMEXPERU dari peru, DIYALOG.com dari Turkey, dan OSB dari Vietnam

Ini beberapa dari produk produk yang di tawarkan oleh alibaba.com


Alibaba.com juga menyediakan beberapa feature, diantaranya : email gratis, instant messenger trade manager, trust service, FAQs, tutorial for traders, free email alert, news, trade show information, legal information and more..

Semoga Berguna Thanks (^_^)

Sumber :
http://namelessgirl6.blogspot.com/p/ita-mutiara.html
http://ecomm.lecture.ub.ac.id/tugas-uts/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar