Sabtu, 10 November 2012

GOOGLE DRIVE VS DROPBOX



GOOGLE DRIVE VS DROPBOX


Teknologi yang semakin canggih pada saat ini sangat memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai hal. Jika pada masa lalu kehadiran sebuah komputer desktop merupakan sebuah barang canggih, lalu setiap orang yang menenteng laptop adalah orang yang berkelas atau bagi orang yang menggenggam smartphone juga dinilai mempunyai uang yang berlebih, namun kini semua anggapan tersebut musnah sudah.

Komputer desktop hampir ditemui disetiap rumah, laptop banyak dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa dan smartphone kini hampir menjadi ponsel orang zaman sekarang, tak terkecuali ABG. Kemajuan teknologi seperti ini juga menuntut kita mengeluarkan uang lebih banyak untuk kebutuhan akan teknologi tersebut, bahkan banyak orang-orang yang memang gemar akan teknologi tentunya memilih tetap update teknologi dengan cara membeli segala sesuatu yang baru.

Era sekarang juga telah banyak bergeser ke arah internet, istilah Cloud Computing pun tidak asing lagi terdengar. Sebuah penggunaan komputer dalam melakukan segala fungsinya namun harus berinteraksi dengan internet yang menyimpan database pada servernya, kira-kira seperti itulah pengertian tentang Cloud Computing. Kali ini Paseban tidak membicarakan tentang Cloud Computing, namun masih berbau awan juga, Cloud Storage. Ya Cloud Storage memungkinkan penggunanya menyimpan file di Internet.

Saat ini aplikasi yang paling menonjol data soal menyimpan file di Internet adalah DropBox. Aplikasi yang memang dilahirkan untuk melaksanakan fungsi tersebut, sehingga dalam menyimpan file pun terasa Anda sedang menyimpan dalam harddisk saja. Selain itu produk transformasi dari Google sepertinya mau menyaingi, Google Docs yang dahulu dispesialisasi untuk mengolah dokumen via Internet kini menambah fiturnya sebagai media penyimpanan. Tertarik melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kapasitas

Merupakan suatu fitur yang sangat krusial dalam hal media penyimpanan. Tentu saja yang memiliki kapasitas besar kemungkinan akan dipilih oleh pengguna. Kedua layanan, baik DropBox maupun Google Drive dapat digunakan secara gratis. Namun keduanya memiliki kapasitas gratis yang berbeda, Google lebih unggul dengan memberikan kapasitas lebih besar, yakni 5 GB, tidak seperti DropBox yang hanya memberikan 2 GB storage saja.

Jika Anda masih ngotot ingin menggunakan DropBox, ada cara unik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kapasitas, pertama bisa melakukan step2 yang beragam untuk mendapatkan tambahan kapasitas, berikutnya Anda bisa mengajak teman Anda untuk bergabung dengan DropBox, sehingga Anda akan diberi bonus tambahan kapasitas.

Biaya

Kedua layanan terbilang grati namun dengan kapasitas terbatas. Jika Anda ingin kapasitas yang masih lebih, Anda bisa memanfaatkan account premium. Untuk DropBox, Anda diharuskan membayar iuran sebesar $9,99 per bulan atau $99 per tahun untuk tambahan 50 GB atau membayar $19,99 per bulan dan $199 per tahun untuk tambahan 100 GB. Sedangkan untuk Google Drive Anda akan dikenakan biaya $2,49 untuk tambahan 25 GB dan $4,99 untuk tambahan 100 GB. Terlihat jelas harga yang ditawarkan oleh Google jauh lebih murah.

Fitur lainnya

DropBox memberikan suatu kemudahan dalam mengunggah file. Jika aplikasi DropBox telah terinstal pada komputer Anda maka dalam melakukan upload file, Anda hanya cukup melakukan copy and paste kedalam folder DropBox yang telah tersedia di storage local Anda. Setelah Anda melakukan paste, maka seketika DropBox akan melakukan sinkronisasi ke server yang kemudian mengunggah file Anda ke database. Cara ini juga akan mempermudah sinkronisasi ke komputer yang berbeda dan juga terpasang aplikasi DropBox. Cara mudah seperti ini tidak dimiliki aplikasi Cloud Storage milik Google, karena Google Drive hanya beroperasi melalui web browser ketika digunakan di komputer.

Drive bukan tanpa kelebihan, berasal dari Google Docs yang notabene adalah pengolah dokumen. Tentunya aplikasi ini juga membawa fitur pengolah dokumen kedalam dirinya, Anda tidak harus mengunduh terlebih dahulu file yang ada di Drive Anda, namun Anda bisa langsung melihatnya serta mengeditnya, sangat menarik bukan?

Kesimpulan
Produk Google yang baru muncul dari transformasi Google Docs ini masih minim fitur dalam kemudahan sinkronisasi, namun memiliki kelebihan yakni satu fitur pengolah data yang menjadi daya tariknya sendiri. Dilain sisi, harga yang ditawarkan oleh Google juga jauh lebih murah ketimbang milik DropBox. [IQ]

Sumber :  Drive Vs Dropbox

Tidak ada komentar:

Posting Komentar